Panwascam Diharapkan Menjaga Kepercayaan Publik

Posted by Unknown Sunday, July 7, 2013 0 comments
Info-Kendari
Persentase keikutsertaan masyarakat dalam pemilu maupun pemilukada di Kota Kendari setiap tahun cenderung menurun. Berdasarkan data panwaslu Kota Kendari, tingkat golongan putih (golput) mencapai angka yang memprihatinkan sebab sudah mencapai 42,94 persen. Penyebab utamanya disebabkan menurunnya kepercayaan publik terhadap peneyelenggara pemilu. 
Untuk itulah, perangkat pengawasan harus dapat menjaga solidarita, integritas, mentalitas dan profesionalisme (Sim-P) dalam melaksankan kinerja sesuai peraturan penyelenggaraan pemilu. Demikian pesan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (panwaslu) Kota Kendari, Arafat ketika melantik panitia pengawas kecamatan (panwascam) sekota Kendari, Sabtu (6/7) kemarin.
Menurut koordinator devisi Umum panwaslu Kendari ini, angka penurunan wajib pilih terlihat dari kurun waktu pemilu 2007 hingga pilgub Sultra khususnya di Kendari. Dalam pemilu tahun 2007 angka keikutsertaan wajib pilih mencapai 75,18 persen, pemilihan caleg 2008 mulai terlihat menurun 72 persen, pilpres tahun 2009 kembali mengalami penurunan yakni 69,96 persen, pilwali 2012 hanya 68 persen dan pilgub 2012 tinggal 57,06 persen. 

"Hal ini yang harus menjadi tantangan tersendiri bagi panwascam agar dapat menurunkan angka golongan putih (golput). Sebab yang menjadi dasar keberhasilan pengawas pemilu bukan berdasarkan besarnya jumlah temuan pelanggaran namun bagaimana melakukan pencegahan pelanggaran dan upaya meningkatkan jumlah keikutsertaan masyarakat,"tutur Arafat.
Untuk menumbuhkan kepercayaan publik, maka panwascam harus bersikap netral dan memiliki Sim-P sehingga timbul kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu. Namun untuk melaksanakan itu, panwascam harus dibekali dengan penguasaan peraturan KPU sesuai tahapan pemilu dan peraturan Bawaslu sehingga dapat dijadikan dasar pengawasan. Namun demikian, keberhasilan penyelenggara pemilu apabila adanya kesadaran kolektifitas semua stake holder yang terlibat dalam pemilu baik penyelenggara pemilu baik KPU dan perangkat pengawas, partai politik (parpol) peserta, caleg dan masyarakat. 
"Tapi, kami berharap pancam dapat berdiri lebih depan dan menjadi ujung tombak memibulkan trust yang mulai redup. Disamping itu, panwaslu siap menerima masukan maupun kritikan jika dalam proses pengawasan ada hal-hal yang sudah melampaui keweangan untuk selalu diingatkan. Bahkan panwaslu siap berkoordinasi dengan semua stake holder baik pemkot Kendar, KPU, lembaga pendidikan, LSM dan masyarakat agar meminimalir terjadi konflik antar lembag,"harapnya.
Komisoner Bawaslu Sultra, DR Hj Hadi Machmud M.Pd mengatakan saat ini tahapan pemilu yang telah memasuki pengumuman Daftar Pemilih Sementara dan penetapan Daftar Caleg Tetap. Proses ini teramat penting agar sebelum ditetapkan menjadi DCT caleg tersusun dalam Daftar Calon Sementara (DCS) sudah dipastikan memenuhi syarat. Begitupun pada pengumuman DPS sebab untuk menekan ketidakikutsertaan warga maka proses penyusunan DPS harus lebih difokuskan. 
Untuk mengawasi pelaksaan tahapan itu, panwascam harus dapat menjaga amanah. Sebab untuk mendapat kepercayaan itu harus ditunjukan dengan dedikasi, intergitas dan mentalistas. Karena apabila kepercayaan itu hilang, maka bukan hanya hilangnya kepercayaan publik akan proses penyelenggaraan pemilu namun juga berdampak pada pribadi bahkan keluarga dan keturunan.
Sementara itu, Walikota Kendari Dr Asrun mengaku pemerintah siap mendukung upaya panwascam untuk menyelenggarakan pemilu  salah satunya dengan menyiapkan perangkat dan tenaga sekretariat dalam membantu kinerja panwascam. 


"Selain itu, saya meyakini panwascam yang baru ini dapat bekerja untuk menciptakan pemilu yang jurdil, apalagi berkaca pada pilwali lalu yang mendapat predikat A dari kapolda dan menjadi yang terbaik versi KPU RI. Pasalnya, notabene sebagian besar perangkat penyelenggara pemilu legislatif adalah orang lama yang telah menunjukan integritas dan kepercayaan publik,"pungkas pasangan Musadar Mappasomba ini.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Panwascam Diharapkan Menjaga Kepercayaan Publik
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://kendaritutorial.blogspot.com/2013/07/panwascam-diharapkan-menjaga.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of KENDARI TUTORIAL.